Thursday 6 February 2014

Apakah Roh Kudus adalah Allah ?

No comments:
Golongan Trinitas meyakini bahwa Roh Kudus adalah Allah. Ini menurut mereka didasari dari beberapa ayat dibawah ini, yang diawali dari pemahaman Roh Kudus sama dengan Roh Allah dan Roh Allah adalah Allah ;

Matius 3:16
LAI TB, Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,

KJV, And Jesus, when he was baptized, went up straightway out of the water: and, lo, the heavens were opened unto him, and he saw the Spirit of God descending like a dove, and lighting upon him:
TR, και βαπτισθεις ο ιησους ανεβη ευθυς απο του υδατος και ιδου ανεωχθησαν αυτω οι ουρανοι και ειδεν το πνευμα του θεου καταβαινον ωσει περιστεραν και ερχομενον επ αυτον
Translit, kai baptistheis ho iêsous anebê euthus apo tou hudatos kai idou aneôkhthêsan autô hoi ouranoi kai eiden to pneuma tou theou katabainon hôsei peristeran kai erkhomenon ep auton

Lukas 3:22 

LAI TB, dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."
KJV, And the Holy Ghost descended in a bodily shape like a dove upon him, and a voice came from heaven, which said, Thou art my beloved Son; in thee I am well pleased. 
TR, και καταβηναι το πνευμα το αγιον σωματικω ειδει ωσει περιστεραν επ αυτον και φωνην εξ ουρανου γενεσθαι λεγουσαν συ ει ο υιος μου ο αγαπητος εν σοι ηυδοκησα
Translit, kai katabênai to pneuma to hagion sômatikô eidei hôsei peristeran ep auton kai phônên ex ouranou genesthai legousan su ei ho huios mou ho agapêtos en soi êudokêsa

Pernyataan Roh Kudus sama dengan Roh Allah karena berdasarkan kedua ayat diatas, yang mana Matius 3:16 memberi kesaksian atas kisah yang sama dengan Lukas 3:22. Matius 3:22 menyebutkan το πνευμα του θεου - to pneuma tou theou  (Roh Allah) sedangkan Lukas 3:22 menyebutkan dengan το πνευμα το αγιον - to pneuma to hagion (Roh Kudus), sehingga mereka menganggap kalau Roh Kudus sama dengan Roh Allah. Apakah anggapan ini benar ? mari kita telusuri bersama !

Alkitab Perjanjian Baru yang asli ditulis dalam Bahasa Yunani. Jadi agar kita ketahui isinya maka haruslah kita memahami Bahasa Yunani dengan mengetahui Tata Bahasanya.

Pada Matius 3:16 kata Roh Allah ditulis dengan το πνευμα του θεου - topneuma tou theou. Kata το πνευμα - to pneuma (Roh) berkasus Akusatif (menyatakan nomina yang menempati posisi sebagai obyek langsung) yang merupakan obyek langsung dari Roh Kudus. Sedangkan kata του θεου - tou theou (Allah) berkasus Genitif (menyatakan sumber, asal-usul, atau milik) yang merupakan pemilik dari το πνευμα - to pneuma (Roh) atau Roh Kudus. Jadi maksud kata το πνευμα του θεου - topneuma tou theou adalah "Roh (Roh Kudus) milik Allah".

Kemudian Lukas 3:22, kata Roh Kudus ditulis dengan το πνευμα το αγιον - to pneuma to hagion (Roh Kudus). Kedua kata tersebut sama-sama berkasus Akusatif yang berarti memang menyatakan obyek langsung dari Roh Kudus.

Inti dari kedua ayat diatas menyatakan "Roh Kudus milik Allah" bukan Roh Kudus sama dengan Roh Allah.

Kemudian pemahaman Roh atau Roh Allah adalah Allah, ini didasari dari ayat dibawah ini :

Yohanes 4:24
LAI TB, Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.
KJV, God is a Spirit: and they that worship him must worship him in spirit and in truth.
TR, πνευμα ο θεος και τους προσκυνουντας αυτον εν πνευματι και αληθεια δει προσκυνειν
Translit, pneuma ho theos kai tous proskunountas auton en pneumati kai alêtheia dei proskunein

Kata πνευμα - pneuma adalah kata benda tanpa kata sandang yang berarti Karakter/wujud sedangkan kata ο θεος - ho theos adalah kata benda dengan kata sandang " ο - ho " yang berarti Identitas/Pribadi. Karena kedua kata tersebut berkasus Nominatif (kata benda yang menempati posisi sebagai subyek dalam kalimat) maka haruslah berarti "Allah itu berwujud/berkarakter Roh atau Allah itu Gaib" bukan Roh atau Roh Allah adalah Allah. Untuk memperjelasnya, hal itu sama dengan contoh kalimat Budi itu Manusia atau Budi itu berwujud/berkarakter manusia.

Untuk memahami isi Al Qur'an tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu Bahasa aslinya yaitu bahasa Arab dan untuk memahami Alkitab Perjanjian Baru tentunya pula kita harus mengetahui terlebih dahulu Bahasa aslinya yaitu bahasa Yunani BUKAN MENERJEMAHKAN HANYA BERDASARKAN IMAN SEMATA...!!!


Sumber :
BUKTI BUKTI KEILAHIAN ROH KUDUS - SARAPAN PAGI
Belajar bahasa Yunani - Sarapan Pagi

No comments:

Post a Comment

 
back to top